Kamis, 31 Januari 2019

Merencanakan Biaya Pendidikan Anak SD Tahun 2019



Rara Odie - Biaya sekolah Anak saat ini bisa dikatakan semakin melambung tinggi, khususnya bagi sekolah swasta yang tidak memperoleh subsidi dari pemerintah. tetapi, sebelum menuju ke perencanaan anggaran untuk masuk SMP, kita harus merencanakan dengan matang terkait biaya masuk SD untuk anak-anak.
Supaya bisa mempersiapkan pendidikan anak dengan optimal, kita harus memiliki perencanaan biaya pendidikan yang terperinci dan matang. Untuk itu kita memerlukan informasi perkiraan biaya masuk SD 2019 sebagai pandangan untuk menyusun perencanaan biaya pendidikan buah hati.

Dengan adanya perkiraan biaya masuk, maka kita bisa menyusun rencana dana pendidikan secara baik dan benar. Kita juga bisa tahu secara detail ketika dana yang dimiliki kurang atau tidak. Dengan begitu kita bisa langsung bertindak jika dana pendidikan yang diperlukan lebih besar atau malah terlampaui.

Berikut 6 cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan dana pendidikan SD anak kita:

1. Lakukan Riset
Langkah pertama yang penting dilakukan saat merencanakan biaya penidikan ialah melakukan riset atau penggalian informasi. Cari informasi secara jelas yang berhubungan dengan perkiraan biaya masuk SD 2019. Informasi ini selanjutnya bisa menjadi panduan bagi kita untuk menyusun perencanaan biaya pendidikan.

2. Periksa Kondisi Keuangan
Periksa kondisi keuangan yang kita miliki. kita harus bijak mengevaluasi jumlah tabungan yang tersedia agar bisa merencanakan lebih jauh dan matang untuk pengeluaran dana pendidikan. Setelah itu, kita bisa menyisihkan atau membuat simpanan yang dikhususkan untuk dana pendidikan.

3. Buat Daftar Biaya Pendidikan
Buatlah list, dan susunlah daftar pengeluaran yang kiranya diperlukan untuk keperluan pendidikan anak kita. Mulai dari pengeluaran untuk mendaftar awal, biaya SPP, les, dan lain sebagainya. Daftar ini bisa Anda susun berdasarkan informasi perkiraan biaya masuk SD 2019 yang sebelumnya sudah didapatkan.

4. Evaluasi Kekurangan 

Kita sudah merecheck kondisi keuangan yang dimiliki saat ini. Kita juga sudah menyusun daftar rencana biaya pendidikan pada tahap sebelumnya. Berikutnya kita bisa mengoreksi apakah dana yang dimiliki masih cukup atau tidak. Pertimbangkan selalu untuk memberikan budget yang lebih atau dimark up.

5. Lakukan Investasi
Berinvestasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan jumlah nominal dana yang kita miliki. Ketika memiliki anak, kita harus memikirkan biaya pendidikannya sedini mungkin. Berinvestasi bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat guna membantu kita mempersiapkan dana pendidikan di masa depan.
6. Tabungan Pribadi si Kecil 
Kita juga bisa mempersiapkan dana pendidikan buah hati dengan cara membuatkan tabungan pribadi untuknya. Hal ini juga membantu menumbuhkan kebiasaan si kecil untuk  rajin menabung sedari dini. Beberapa bank saat ini telah menyediakan fasilitas pembukaan tabungan khusus untuk anak-anak di bawah usia 17 tahun.

Ada banyak sekali cara-cara yang bisa kita lakukan untuk merencanakan dana pendidikan. Satu hal yang harus diingat ialah, saat rampung mempersiapkan dana pendidikan khusus maka kita harus menjaga dana tersebut. Jangan sampai dana ini digunakan untuk keperluan di luar pendidikan.

Semoga informasi ringan ini bermanfaat bagi kita semua.


EmoticonEmoticon