Rabu, 30 Januari 2019

Tips dan Cara Menghasilkan Uang Melalui Instagram


Rara Odie - Kita mungkin pernah mendengar cerita seorang Instagrammers bisa mendapatkan uang dari gambar atau stories yang mereka bagikan setiap harinya. Kita kemudian mulai berpikir jika mereka bisa, mereka bisa melakukan itu. 

Sama seperti blogger, YouTubers, dan siapa pun yang memanfaatkan konten digitalnya untuk para audiens dan following, Instagrammers juga memiliki reach dan influence yang terukur. Kedua hal inilah yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan keuntungan.

Dua hal ini memberikan kesempatan untuk para pengguna Instagram mengeksplor beragam sumber keuntungan. Apakah mereka akan membuat suatu bisnis besar lewat Instagram, atau pun hanya untuk meraup keuntungan tambahan kecil-kecilan dan barang gratis.

Jika saat ini kita berpikir tentang berapa banyak followers yang harus kita miliki untuk bisa melakukan hal itu semua, jawabannya: "tidak sebanyak yang kita kira".

Hal ini karena ada banyak faktor lain yang lebih berpengaruh. Yang pertama adalah seberapa unik niche dan sebagaimana mudah kita bisa dikaitkan dengan kategori produk (kuliner, travel, kecantikan, fitness, fashion, dll.). 

Yang kedua adalah seberapa besar engagement yang dimiliki. Karena memiliki followers lebih dari 100 ribu, tapi tidak memiliki engagement yang baik, maka hal ini juga tidak baik.

Hal terakhir adalah keuntungan seperti apa yang ingin dikejar oleh kita sebagai pengguna dan pemilik akun Instagram.

Sponsored Post
Hal yang paling biasa dilakukan adalah dengan bekerja sama dengan sponsor. Biasanya, pihak sponsor akan meminta kita memasarkan produknya di akun Instagram kita. Mulai dari menggunakan pakaiannya, untuk brand fashion. Atau dengan memberikan voucher menginap untuk sponsor hotel. Bisa juga denan voucher makan gratis untuk sponsor restoran. Semuanya bisa dilakukan dengan cara membuat postingan gambar atau stories yang mengajak orang untuk menggunakan produk yang dijual oleh sponsor. Dengan harapan, penjualan produk sponsor akan meningkat setelah followers melihat postingan kita.

Mencari Brand untuk Bekerja Sama
Ada banyak cara untuk mencari brand yang bisa diajak bekerja sama. Biasanya mereka akan membutuhkan banyak micro-influencer untuk memasarkan produknya di sosial media. Cara paling mudah untuk bisa dikontak adalah dengan membuat konten yang menunjukkan bahwa akun kita bisa diajak bekerja sama oleh brand. Dengan keterbukaan informasi ini, nantinya brand akan lebih mudah untuk mengajukan penawaran. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu memasukkan kontak apakah itu email atau nomor telepon di kolom bio akun kita.

Menjadi Partner Penjual
Kita bisa menjadi salah satu partner penjual di Instagram. Jadi, bukan hanya menjadi influencer yang mempromosikan, kita juga bisa ikut menjual langsung. Dan nantinya, keuntungan penjualan atau komisi bisa dibagi bersama dengan penjual. Salah satu metode yang paling mudah untuk melacak penjualan dari Instagram kita adalah dengan menggunakan kode voucher unik. Mengingat Instagram belum bisa menggunakan link aktif di bagian posting, sebaiknya kita memasukkan kode voucher atau link kita ke dalam bio. Maka dari itu, sebaiknya kita membatasi bekerja sama dengan satu brand saja dalam beberapa periode tertentu.

Membuat Toko Online Sendiri
Cara lain yang paling mudah adalah dengan membuat toko online sendiri. Kita bisa memulai bisnis dengan beragam produk yang bisa kita jual. Dengan cara membuat barang produk sendiri, menjual barang kembali, atau dengan menggunakan sistem dropshipper. Dengan begitu kita bisa membuat sistem dan menjual barang sendiri. Keuntungan yang didapat pun bisa langsung dinikmati.


EmoticonEmoticon