Sabtu, 23 Februari 2019

5 Jenis Sayur yang Rekomended Untuk Membuat MP Asi


MP Asi adalah makanan pendamping ASI yang harus dikonsumsi oleh bayi setelah menyelesaikan tahap ASI eksklusif selama 6 bulan. Seperti kita tahu bahwa bayi membutuhkan asupan nutrisi terbaik agar bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal. Tak hanya membutuhkan asupan nutrisi dari ASI, bayi juga butuh sumber gizi dari beragam jenis makanan pendamping. 

Seperti kita tahu bahwa bayi memiliki kondisi tubuh yang masih rentan. Selain itu sistem pencernaan bayi juga masih belum terbentuk secara sempurna. Karena itulah orang tua harus berhati-hati memberikan pilihan makanan kepada anak mereka. Jangan sampai makanan yang diberikan justru membuat sistem pencernaan anak menjadi terganggu.

Selain memperhatikan kandungan gizi pada bahan makanan pendamping ASI, orang tua juga harus memperhatikan tekstur makanan yang akan diberikan. Untuk bayi usia 6 bulan, makanan pendamping ASI masih dibuat sangat halus bahkan cenderung cair. Sedangkan untuk bayi usia 1 tahun, tekstur makanan sudah dibuat lebih kasar untuk melatih sistem pencernaan bayi.

Sayur untuk Makanan Pendamping ASI
Ada banyak jenis bahan makanan yang bisa digunakan untuk membuat makanan pendamping ASI. Salah satu bahan makanan utama yang pasti ditambahkan pada makanan pendamping ASI adalah sayur. Seperti kita tahu bahwa sayur mengandung banyak sekali gizi yang dibutuhkan oleh anak. 

Seringkali sayur dianggap sebagai jenis makanan yang tidak disukai oleh anak-anak. Padahal, kalau dibiasakan sejak kecil pasti anak akan menyukai sayur. OIeh karena itu, sangat dianjurkan untuk menambahkan sayur pada makanan pendamping ASI.
Berikut adalah beberapa jenis sayuran yang biasanya ditambahkan pada MPASI:

1. Labu
Labu sering digunakan sebagai bahan makanan pendamping ASI. Labu memiliki tekstur yang lembut setelah diolah sehingga bisa dicerna dengan baik oleh bayi. Labu mengandung beberapa jenis nutrisi yang penting bagi tubuh di antaranya vitamin A, C, B12, B6, D, magnesium, natrium, protein, dan lain sebagainya.

2. Wortel
Seperti kita tahu bahwa wortel merupakan sumber vitamin A. Selain vitamin A, ada banyak nutrisi yang terkandung dalam wortel seperti vitamin B1, B2, B3, B6, kalsium, fosfor, zat besi, dan lain sebagainya. Agar bisa dicerna oleh tubuh bayi, maka wortel perlu dipotong dalam ukuran kecil kemudian dimasak dalam waktu yang lama agar lebih lunak dan bisa dicerna dengan mudah.

3. Bayam
Bayam juga menjadi jenis sayuran hijau yang banyak digunakan untuk membuat makanan pendamping ASI. Bayam mengandung zat besi dan beragam nutrisi penting bagi tubuh. Bayam juga memiliki tekstur yang lembut dan mudah dicerna oleh bayi. Namun, bayam harus dimasak dengan cara yang tepat agar kandungan nutrisi dalam bayam tidak hilang.

4. Buncis
Buncis juga sering sekali digunakan sebagai bahan untuk membuat makanan pendamping ASI. Buncis mengandung beragam jenis nutrisi seperti vitamin A, D, zat besi, magnesium, dan lain-lain. Supaya bisa dicerna dengan baik oleh tubuh bayi maka buncis perlu dihaluskan terlebih dahulu. Selain itu, pengolahan buncis juga harus tepat agar kandungan nutrisinya tidak hilang.

5. Kentang
Kentang menjadi salah satu jenis bahan makanan yang sangat mudah untuk diolah menjadi makanan pendamping ASI. Kentang memiliki tekstur yang lembut setelah diolah. Kentang mengandung aneka jenis gizi yang berguna bagi tubuh seperti vitamin A, D, B12, C, B6, kalsium, zat besi, dan magnesium.

Itulah tadi beberapa jenis sayuran yang biasa digunakan untuk membuat makanan pendamping ASI. Anda bisa mencampurkan beragam jenis sayuran ke dalam MP Asi yang anda buat. Pastikan anda mengolah makanan pendamping ASI dengan cara yang tepat agar kandungan gizi dalam makanan tidak hilang dan bisa masuk ke tubuh si buah hati.


EmoticonEmoticon