Selasa, 05 Februari 2019

Strategi Pemasaran Produk Saat Baru Memulai Bisnis


Pemasaran produk merupakan salah satu hal penting yang bisa menentukan performa perusahaan anda. Strategi pemasaran produk sendiri merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan untuk dapat mengenalkan produk secara lebih luas ke khalayak masyarakat. Bagi anda yang baru saja memulai bisnis, maka ada beberapa strategi pemasaran yang bisa dilakukan.

Memulai bisnis dengan menjual berbagai macam produk memang masih menjadi daya tarik untuk masyarakat. Usaha ini tidak mengharuskan anda mempunyai kantor dan terikat waktu. Sehingga anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan inovasi kreativitas yang anda miliki. Dan anda dapat membuka bisnis jualan produk anda di rumah sendiri. Tetapi banyak orang yang masih ragu dengan bisnis ini, sebab mereka merasa sulit melakukan pemasaran. Strategi pemasaran produk harus dilakukan secara tepat supaya produk anda bisa dikenal dan dapat menarik pembeli.

Strategi Pemasaran Produk Paling Efektif
Cara yang bisa dilakukan untuk pemasaran produk bagi anda yang baru saja memulai bisnis ada banyak sekali. Semuanya akan dibahas lengkap di bawah ini:

Kenali Pasar dan Target Market
Anda harus tahu seperti apa kualitas dan kegunaan produk yang hendak dijual. Ini menjadi pertimbangan dalam mengatur strategi pemasaran produk. Anda harus mengenal lebih jauh tentang kelemahan produk yang dijual dari saingan. Dan memperbaikinya pada produk yang anda jual untuk mendapatkan perhatian konsumen. Selain mengenal pasar anda juga harus memahami target market dari produk yang anda jual. Apakah untuk kaum muda, tua, anak-anak atau untuk umum. Sehingga dengan hal ini bisa menentukan di mana dan kapan anda melakukan promosi.

Buatlah Produk yang Berkualitas
Awal yang baik memulai bisnis adalah dengan membuat produk yang berkualitas dan juga sesuai dengan target pemasaran. Kualitas yang dimaksud mulai dari bahan baku, proses pembuatan sampai dengan terciptanya produk tersebut. Semua orang pastinya lebih memilih produk yang berkualitas ketimbang abal-abal. Sehingga dengan anda membuat produk yang berkualitas ini bisa membantu proses pemasaran anda menjadi lebih mudah.

Memasarkan Produk Lewat Sosial Media
Kita semua setuju bahwa sosial media menjadi alat pemasaran yang paling ampuh. Sebab sebagian besar orang dari berbagai latar belakang berbeda sangat aktif menggunakan media sosial. Dengan memanfaatkan sosial media, maka anda dapat menjalin interaksi luas dengan berbagai kalangan dengan biaya yang terjangkau dan visibilitas, serta keterlihatan yang tinggi.

Memilih Tempat yang Strategis
Tempat strategis masih menjadi salah satu strategi pemasaran yang patut untuk dipertimbangkan. Sebab dengan tempat jualan yang strategis, tentu produk anda mempunyai kemungkinan terlihat lebih tinggi. Sehingga memicu penjualan yang tinggi.
Memberi Insentif untuk Rekomendasi

Sebuah produk bisa dikatakan berkualitas dan terpercaya bila sudah mendapat testimoni langsung dari pelanggan yang menggunakan produk atau jasa anda. Oleh sebab itu, anda perlu memberi penghargaan berupa insentif yang menarik kepada konsumen yang ingin memberikan testimoninya. Insentif tidak harus berupa uang tetapi bisa sebuah hadiah atau diskon.

Menawarkan Produk Gratis
Pemasaran produk yang dilakukan dengan strategi seperti ini tergolong ampuh menjaring konsumen. Karena segala sesuatu yang gratis pasti sulit dilewatkan begitu saja. Tetapi alasan lain mengapa strategi pemasaran produk ini harus dilakukan adalah karena customer belum pernah membeli atau mencoba produk tersebut. 

Sehingga anda perlu membuat event atau langsung menawarkan sampel produk kepada konsumen secara gratis. Dan ini akan membuat banyak orang mengetahui produk anda dan memungkinkan untuk membeli produk anda lebih banyak lagi.


EmoticonEmoticon