Kamis, 07 Februari 2019

Tips Membuat Desain Logo Yang Berkualitas dan Bermakna


Logo adalah suatu gambar atau sketsa yang memiliki makna. Pada umumnya logo digunakan untuk suatu perusahaan, daerah, produk, negara, organisasi, lembaga, dan lain sebagainya yang perlu sesuatu yang singkat dalam mengingat suatu nama. Logo sebaiknya mempunyai filosofi serta kerangka dasar atau konsep yang memiliki tujuan menghadirkan sifat yang berdiri sendiri. Pada umumnya, sebuah logo akan memiliki ciri khas yang berupa warna serta bentuk tertentu.

Desain logo akan lebih efektif jika memakai ikon yang sederhana di dalam meninggalkan kesan bagi orang yang melihatnya. Sebagian besar dari logo akan mengkomunikasikan ide-ide pada orang-orang. Contohnya saja jenis layanan perusahaan yang menawarkan banyak pelayanan yang berkualitas bagi pelanggannya. 

Sebuah logo dikatakan memberikan kesan jika pada saat seseorang pertama kali melihat, selanjutnya dia akan mengingat kembali logo yang telah dilihatnya. Sebuah logo yang sederhana dan mempunyai desain yang dinilai inovatif pastinya akan memiliki susunan kata yang bisa menarik menjadi logo yang estetis. Dan ini merupakan keindahan yang ada pada desain suatu logo.

Tips Membuat Desain Logo Yang Bagus
Banyak desain logo yang ada di sekitar kita. Perlu kita ketahui, fungsi logo diantaranya sebagai salah satu pengingat yang instan dari suatu produk atau perusahaan. Di zaman yang modern dan serba digital seperti sekarang ini, setiap orang sebaiknya mempunyai sebuah situs web di dalam mendukung produk, layanan maupun perusahaan mereka. Maka dari itu, mereka harus memiliki desain logo yang berkelas guna mendukung produknya.

1. Buatlah Logo Yang Sederhana
Logo yang didesain dengan sederhana pastinya akan terkesan menjadi fleksibel dan mudah diingat oleh sebagian besar orang yang melihatnya. Pada umumnya, logo yang hanya dengan satu warna saja logo ini sudah dinilai sangat efektif dan juga memikat banyak orang. Sebab, jika desain dari logo produk yang dibuat rumit dan penuh warna pada umumnya justru sulit untuk diingat orang yang melihatnya.

2. Logo Harus Mudah Diingat
Selain kesederhanaan, yang harus kita perhatikan selanjutnya yaitu membuat sebuah logo yang mudah diingat. Karena logo yang dinilai efektif sebaiknya juga mudah untuk diingat. Dan hal ini bisa tercapai apabila anda menggunakan logo yang sederhana tapi tepat. Lain halnya dengan logo yang ramai dan juga memiliki bentuk dan berbagai macam warna. Yang mana, biasanya orang tidak akan langsung mengingat logo tersebut dengan mudah, bahkan harus berkali-kali melihatnya baru akan bisa mengingatnya.
loading...

3. Serbaguna
Untuk logo yang efektif sebaiknya bisa bekerja pada berbagai media serta aplikasi. Sebuah logo sebaiknya juga dibuat dengan mudah diedit. Tujuannya supaya bisa menyesuaikan dengan media serta aplikasi desain. Tujuannya tak lain supaya bisa dikembangkan, akan tetapi semua ini tidak kan menghilangkan bentuk aslinya. Sebab, tidak mungkin menghadirkan bentuk yang itu-itu saja tanpa menghadirkan perkembangan desain. Ini semua dilakukan supaya orang tidak bosan pada saat melihatnya.

4. Sesuai Dengan Produknya

Pembuatan desain untuk logo suatu produk sebaiknya harus sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan serta bisa sesuai dengan produknya. Jadi, untuk logo yang baik dan benar sebaiknya memiliki relevansi terhadap produk yang dihadirkan. Buatlah desain yang ada kaitannya dengan sesuatu yang  anda tawarkan dalam produk atau perusahaan anda.

5. Abadi
Desain logo yang efektif sebaiknya juga bisa bertahan dalam kurun waktu yang lama. tak hanya itu saja, logo sebaiknya juga harus future proo, yang mana masih harus efektif dalam waktu 10 – 50 tahun lamanya, atau lebih.


EmoticonEmoticon