Minggu, 03 Maret 2019

5 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Blitar

Rara Odie - Ada banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi di Blitar saat Anda berkunjung. Selain jauh dari hiruk pikuk, kota yang satu ini juga menawarkan berbagai macam destinasi cantik untuk dijelajahi. Jangan sampai Anda melewatkan kesempatan emas saat berkunjung ke sana, ya!

Blitar terletak di Provinsi Jawa Timur, sekitar 167 km sebelah barat daya Surabaya dan 80 km sebelah barat Malang. Kota tersebut dikenal sebagai tempat dimakamkannya presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno.

Ikan koi yang populer di Jepang dapat dibudidayakan dengan baik di Blitar, sehingga kota tersebut mendapat julukan tambahan yakni Kota Koi. Hal tersebut pada akhirnya meningkatkan nilai jual Blitar sebagai kota berbudaya dan sarana pariwisata menarik.

Bukan sembarang kota, Anda harus memahami lebih banyak soal 5 tempat wisata yang wajib dikunjungi di Blitar. Apa sajakah itu? Simak sebagai berikut:

1. Wisata Makam Bung Karno

Sebagai destinasi awal, Anda dapat berkunjung ke tempat legendaris yakni Makam Bung Karno. Tujuan penting dari wisata sejarah ini adalah memahami latar belakang sang proklamator. Ingat ya, bukan untuk hal-hal bersifat mistis!

Lokasi Makam Bung Karno berada di Desa Bendogerit, kurang lebih 3 kilometer dari pusat Kota Blitar. Tak hanya berziarah, ada pula perpustakaan berisi koleksi buku dan tulisan tangan asli Bung Karno, serta museum yang menyimpan berbagai benda miliknya.

2. Taman Pecut di Alun-alun Blitar

Taman pecut terletak di jantung Kota Blitar, tepatnya Jalan Merdeka, Kepanjen Lor, Kepanjen Kidul. Tempat ini diresmikan pada pertengahan tahun 2017 oleh Wali Kota Samanhudi Anwar. Luasnya sekitar 1 Hektar, dilengkapi dengan air mancur berwarna-warni yang bisa menari dan akan beratraksi pada hari-hari khusus, yakni Sabtu pukul 19.30 hingga 21.00 WIB.

Nama Taman Pecut diambil dari patung berbentuk tangan yang sedang memegang pecut di tengah kolam. Berdasarkan mitos setempat, simbol tersebut menggambarkan Pecut Samandiman, pusaka yang digunakan oleh Adipati Blitar untuk menghalau amukan lahar dari Gunung Kelud.

3. Taman Wisata Kebon Rojo

Taman Kebon Rojo berada di jantung Kota Blitar dan dikenal memiliki banyak pengunjung, khususnya saat akhir pekan tiba. Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan oleh banyak orang, misalnya piknik dan menikmati nuansa alam sekitar.

Tak hanya itu, Taman Kebon Rojo juga ramah untuk dijadikan tempat bermain anak sehari-hari. Pemandangan seperti lomba melukis, kelompok bermain, hiburan anak dan lain-lain, memang menjadi tontonan seru hampir setiap hari.

4. Agrowisata Belimbing Karangsari

Kebun belimbing yang dibuka untuk agrowisata ini, terletak di Desa Karangsari, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar. Luas kebunnya mencapai 5 hektar dan merupakan tanah bengkok. Anda hanya dapat berkunjung pada hari Sabtu, Minggu dan libur nasional.

Jenis belimbing yang tersedia di kawasan Agrowisata Belimbing Karangsari adalah belimbing karangsari merah dengan ukuran besar, warna orange dan rasa yang manis. Jam operasional dimulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB. Jangan sampai terlambat, ya!

5. Pantai Tambakrejo

Setelah puas berkeliling kota dan agrowisata, kini saatnya melipir ke pinggir sejenak untuk menikmati semilir angin laut. Ya, Pantai Tambakrejo adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi di Blitar karena mampu menyajikan suguhan pemandangan amat indah.

Pantai Tambakrejo terbagi menjadi 3 bagian, yakni pantai berpasir, bagian tengah pantai dengan pemecah ombak, lalu pantai dengan pembangunan dermaga kapal. Lokasi Pantai Tambakrejo berada sekitar 30 km dari Kota Blitar dan dapat ditempuh selama 1 jam perjalanan. 

Sederet tempat wisata yang wajib dikunjungi di Blitar tersebut, tak boleh Anda lewatkan. Ajak keluarga, pasangan dan orang terdekat lainnya untuk liburan ke sini, lalu rasaka sensasinya. Selamat berwisata!


EmoticonEmoticon