Minggu, 03 Maret 2019

5 Tips Memilih Font untuk Desain

 
Desain adalah hal yang kini semakin penting untuk bisa dipahami. Mereka yang tidak memahami desain, saat ini akan kesulitan untuk memajukan bisnisnya. Terlebih, desain sendiri kini sangat penting di era yang serba digital.

Salah satu hal yang bisa membuat desain menjadi lebih menonjol dari desain lainnya adalah font. Font atau pilihan jenis huruf sendiri memiliki banyak jenis. Dan seluruh jenis ini memiliki sifat dan juga fungsi yang berbeda-beda.

Karenanya, jangan sampai kita salah memilih font dan menjadikan desain kita menjadi kurang menarik. Untuk itu, berikut adalah tips memilih font yang baik untuk desain kita.

1. Kekinian
Saat membuat desain, agar tidak ketinggalan zaman dan terlihat membosankan, kita perlu menggunakan font yang memang sesuai dengan masa kini. Font yang kekinian dan tidak ketinggalan zaman bisa membuat desain menjadi lebih menarik dan juga mencolok. Sehingga sangat bisa membuat banyak orang tertarik untuk melihat atau membaca desain yang suadh dibuat.

2. Sesuai Fungsi
Font apapun yang digunakan jangan sampai kita mengabaikan fungsi. Misalnya, untuk membuat judul, kita perlu menggunakan font yang tebal dan tegas, sehingga mudah dibaca oleh orang dari kejauhan. sementara untuk informasi detailnya, kita bisa menggunakan font dengan bentu yang lebih umum, tapi tetap jelas dan mudah dibaca.
loading...

3. Estetika
Desain adalah soal keindahan. Semua ini bisa dicapai dari banyak hal, mulai dari komposisi warna, bentuk berbagai elemen di dalamnya, sampai pemilihan font. Font sendiri ada banyak jenisnya, dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Hanya saja jangan sampai kita memilih font yang membosankan, dan kurang menarik. Kita perlu memilih font yang bisa memberi keindahan dalam desain.

4. Sifat Sesuai
Font juga memiliki sifat atau karakter yang berbeda. Font yang tebal, tegas, dan kaku biasanya banyak digunakan sebagai font judul di acara-acara formal. Sementara untuk font yang tipis, fleksibel, dan indah, biasanya digunakan untuk sesuatu yang lebih modern, dan di acara-acara yang kurang formal.

5. Pasangkan
Jangan lupa untuk selalu memasangkan font. Jangan menggunakan satu font untuk seluruh desain. Hal ini karena akan membuat pembaca sulit membedakan antara tulisan satu dengan yang lainnya. Karenanya, akan lebih baik jika kita memadukan satu font dengan fot lain yang kontras, tapi tetap serasi dan mudah dibaca.


EmoticonEmoticon