Senin, 20 Mei 2019

4 Cara Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadhan


Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan kebaikan. Bulan suci, hal mana kita bukan sekadar menjalankan ibadah puasa, akan tetapi juga harus menebar kebaikan dari perbuatan dan aktivitas sehari-hari kita. Berpuasa tak berarti aktivitas menurun atau berkurang, justru aktifitas harus meningkat, utamanya yang membawa manfaat bagi sesama. Maka dari itu, kondisi tubuh mestinya harus senantiasa terjaga dan fit, walaupun asupan terbatas.

Berbagi kebaikan sejatinya tidak perlu menunggu bulan puasa saja. Pada bulan-bulan di luar bulan suci Ramadhan, kebaikan harus senantiasa kita tebarkan. Namun, karena pahala di bulan suci ini dilipat-gandakan, maka tak heran apabila setiap orang berlomba-lomba dalam kebaikan. Nah, berikut ini hal-hal baik yang bisa kita tebarkan untuk sesame pada bulan suci Ramadhan.

1. Sahur bersama
Sahur merupakan salah satu momen terpenting ketika hendak berpuasa. Ya, tentu saja agar puasa lancar dan berenergi. Apabila makanan sahur yang dikonsumsi sehat dan seimbang, maka ibadah puasa akan terasa lebih ringan. Untuk itu, pastikan menu sahur kita memenuhi unsur yang dibutuhkan tubuh untuk optimalisasi dalam beraktivitas.

Nah, mengingat pentingnya sahur bagi orang-orang yang berpuasa, kita bisa menjadikan momen ini sebagai sarana berbagi kebaikan. Buatlah program sahur Bersama orang-orang di sekitar kita (tetangga) atau anak-anak yatim yang membutuhkan. Dengan program kebaikan itu, harapannya kita akan terbiasa dalam bersedekah dan juga mendapatkan balasan kebaikan dari Sang Maha Kuasa.

2. Buka Bersama
Setelah berpuasa seharian penuh, tiba saatnya berbuka puasa kala adzan maghrib berkumandang. Pada momen ini, tidak asing lagi dijumpai di Indonesia banyak orang yang saling menebar kebaikan dengan berbagi makanan untuk berbuka puasa, minimal camilan dan segelas air. 

Menurut hadits Nabi Muhammad, barangsiapa yang memberikan makanan atau minuman untuk orang yang berpuasa, maka ia (yang memberi) mendapatkan pahala orang yang berpuasa itu. Nah, budaya berbagi makanan (takjil) menjelang berbuka puasa itu keren, semoga kita ada diantara mereka ya!

2. Berolahraga bersama
Ketika berpuasa, bukan berarti jadwal rutin berolahraga jadi fakum. Sebisa mungkin, tetap lakukan olahraga secara rutin agar kebugaran tubuh senantiasa terjaga. Olahraga tidak mesti identik dengan aktivitas fisik yang diforsir habis. Kita bisa melakukan olahraga ringan-ringan kala berpuasa.

Misalnya dengan melakukan lari-lari kecil, perenggangan ringan, atau sekedar jalan-jalan mengelilingi lapangan atau desa. Nah, momen olahraga ini bisa kita manfaatkan untuk berbagi kebaikan juga lho. Apa itu? Yups simpel, dengan berbagi senyuman kepada orang-orang yang kita jumpai. Perlu diingat, bahwa senyum itu ibadah. Menebar senyuman artinya menebar kebaikan. Setuju?

3. Donasi pakaian
Ada sebuah lagu yang liriknya berbunyi “baju baru alhamdulillah, dipakai di hari raya.” Lagu itu seolah mengisyaratkan bahwa masyarakat Indonesia menyemarakkan hari raya salah satunya dengan membeli baju baru. Tentu saja ini bukan hal yang buruk, asalkan masih dalam standar wajar ya. Hehehe

Mayoritas setiap orang mendambakan baju baru menjelang hari raya. Akan tetapi, mungkin tidak semua orang mampu untuk membelinya. Nah, ini bisa kita jadikan sebagai ladang berbagi kebaikan untuk sesama.

Jika kita ada uang lebih, sangat mulia apabila kita membeli baju baru kemudian didonasikan untuk orang lain yang membutuhkan. Atau jika tidak, coba tengoklah lemari pakaian kita. Mungkin di sana ada baju-baju yang masih bagus namun sudah tidak pernah dipakai. Emm daripada nganggur, mending didonasikan untuk yang membutuhkan. Dengan begitu kita telah memberikan warna untuk sesama kita.


EmoticonEmoticon